You are here

Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Perusahaan Besar

 

Waspadai Penipuan Lowongan Kerja Yang Mengatasnamakan Perusahaan

 

Waspadai dan berhati-hati dengan penipuan bermodus rekruitmen dari Perusahaan-Perusahaan ataupun instansi kerja yang lain. Oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut biasanya mengatasnamakan Perusahaan-Perusahaan besar (Seperti BUMN dan Perusahaan Swasta) dengan penawaran seperti upah gaji, bonus dan fasilitas yang dapat menarik perhatiaan jobseeker. Informasi Lowongan pekerjaan yang digunakan biasanya melalui pesan singkat (sms), telfon, dan alamat email yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Penawaran Pekerjaan yang berasal dari organisasi atau kelompok yang berpura-pura mengatasnamakan bagian dari Sebuah Perusahaan atau orang yang mengaku bekerja atau memiliki hubungan dengan Sebuah Perusahaan atau Instansi.

Modus yang digunakan adalah memberikan informasi pekerjaan dan/atau menyatakan bahwa orang tersebut memenuhi kualifikasi sebagai pekerja (baik local maupun ekspatriat) di Perusahaan. Kemudian untuk mentransfer sejumlah uang sebagai ijin kerja, polis asuransi, dll. Uang tersebut dijanjikan ke job seeker untuk dikembalikan secara utuh setelah berhasil melalui beberapa tahapan tes dari perusahaan.

Mohon untuk diketahui bahwa Perusahaan-perusahaan tidak pernah meminta uang atau pembayaran dari pelamar dalam setiap tahapan rekrutmen. Setiap orang yang berhasil mendapatkan penawaran dari Perusahaan baik secara langsung atau pun tidak langsung, akan diminta untuk mengikuti proses rekrutmen formal. Seluruh komunikasi harus berasal dari e-mail resmi Perusahaan (bisa di cek ke website perusahaan yang bersangkutan) dan bukan dari e-mail dari internet seperti hotmail, yahoo, dll.

Apabila mengalami hal tersebut, anda harus:

  • Tidak memberikan respon kepada janji-janji penawaran pekerjaan yang tidak benar dan/atau penawaran kerja yang berasal dari orang atau alamat e-mail yang anda tidak ketahui atau tidak dipercaya.
  • Cek Kebenaran / Keaslian lowongan perkerjaan di Website Resmi Perusahaan yang bersangkutan, bisa melalui telpon ke nomor Remi perusahaan atau ke email resmi perusahaan yang tercantum di Website.
  • Jangan mengungkapkan data pribadi anda atau data keuangan anda kepada siapapun yang tidak anda kenal dan percaya. Apabila anda mengungkapkan informasi tersebut kepada orang atau mengunggah melalui website yang tidak anda percayai mohon untuk melaporkan kejadian tersebut kepada aparat penegak hukum.

Kontak Kami

Alamat : Gd. KPLT lt.2 Sayap Barat Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281

Telp. (0274) 456518

HP. 085725723000

Fax. (0274) 586734

website : http://bkk.ft.uny.ac.id

e-mail:  bkkftuny@gmail.com